Rabu, 07 September 2016

Kendaraan

KENDARAAN


Kendaraan adalah alat transportasi yang digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam meringankan segala kebutuhan manusia terutama untuk keperluan mengantar manusia atau barang ke tempat tujuan, seperti pergi berbelanja ke pasar, pergi ke sekolah, berangkat bekerja atau bahkan kendaraan pun bisa dipakai untuk mengangkut barang atau dijadikan alat transportasi umum.

Pada zaman modern seperti ini, perusahaan kendaraan bersaing ketat memproduksi kendaraan baru yang berkualitas dan unggul diantara perusahaan perusahaan kendaran lain. Kendaraan tersebut pun tentunya harus menarik perhatian konsumen, konsumen pula mempertimbangkan terlebih dahulu kendaraan yang akan dibeli. Konsumen harus pintar-pintar memilih kendaraan yang baik, yang layak dipakai, yang kuat tenaganya, dan tentunya bermanfaat.

Cara melihat manfaat kendaraan sangat mudah, kendaraan banyak macam dan jenisnya, namun berdasarkan jumlah rodanya kendaraan digolongkan menjadi 5 bagian yang tentunya berbeda manfaatnya.

Golongan pertama yaitu kendaraan berroda 2. Kendaraan berroda 2 ini contohnya motor dan sepeda, Lalu lintas diperkotaan saat ini sangat padat dan jalanan dominan dipenuhi oleh kendaraan berroda 2. Orang orang banyak menggunakan sepeda motor karena lebih efisien dan
waktu tempuhnya lebih cepat.

Golongan kedua adalah kendaraan berroda 3. Contoh kendaraan berroda tiga adalah bajaj, motor bak terbuka dan becak. Kendaraan ini sangat bermanfaat terutama di daerah perkotaan, kendaraan berroda 3 ini biasanya dipakai untuk mencari penghasilan. Contohnya bajaj yang terdapat di Jakarta, bajaj
berfungsi untuk mengantar penumpang ketempat tujuan dan motor bak terbuka untuk mengangkut barang dagangan seperti sayur ataupun untuk mengantar kiriman barang.

Kemudian golongan ketiga adalah kendaraan berroda 4. Contoh kendaraan berroda 4 antara lain mobil, elf, dan minibus. Pada era modern seperti ini orang-orang telah banyak yang memiliki kendaraan pribadi dan bahkan mobil tersebut dikoleksi seperti mobil antik dan mobil spoprt. Namun orang kalangan menengah kebawah masih ada yang menggunakan kendaraan umum atau angkutan kota. Kendaraan berroda 4 bisa menampung jumlah yang lebih besar dibanding kendaraan berroda 2.

Selanjutnya golongan keempat adalah kendaraan berroda lebih dari 4, contoh kendaraan berroda lebih dari 4 yaitu bis, truk, kereta api dan lain lain. Kendaraan berroda lebih dari 4 ini berukuran besar dan dapat menampung banyak banyak penumpang atau muatan barang. Kendaraan berroda lebih dari 4 ini sangat menguntungkan karena jumlah muatan bisa lebih banyak dibanding kendaraan berroda kurang dari 4.

Golongan terakhir adalah kendaraan berroda dan berkaki. Contoh kendaraan ini adalah delman dan andong. Kendaraan bertenaga hewan ini juga termasuk salah satu alat transportasi yang masih banyak digunakan oleh manusia. Delman digunakan paad zaman kendaraan bermotor belum banyak seperti sekarang ini. Namun tak jarang pada saat ini pun delman masih sering dijumpai dipusat kota, dipedesaan atau di tempat hiburan

Semua kendaraan diatas merupakan ciptaan manusia berupa ide yangkemudian dikembangkan menjadi alat yang sangat bermanfaat. Banyak manfaat kendaraan, terutama pada era modern ini kendaraan sangat dibutuhkan karena bisa meringankan beban manusia.

4 komentar: